0
Dikirim pada 19 November 2014 di Uncategories

Batu Bacan serta Lumut Aceh menjadi dua batu mulia asli nusantara yg setahun lebih terakhir namanya tambah berkibar jadi primadona, pesonanya udah dilirik pemain batu alam luar negri, giok aceh ini tdk kalah andaikan ketimbang dengan batu bacan, kekesaran batu ini dapat menggapai 7 taraf mouse. batu giok aceh ini ada dua ragam yakni :

Lumut Aceh (Idocrase)
Giok Aceh (Nephrite Jade)


Giok Aceh (Nephrite Jade)
Batu Giok Aceh (Nephrite Jade)

Lumut Aceh (Idocrase)
Batu Lumut Aceh (Idocrase)
Menurut Tengku Fadli seseorang penjual batu Mulia mengemukakan bahwa keistimewaaan dari batu giok aceh ini diantarany merupakan juga sebagai keindahan dengan bermacam fenomena seperti warna mata kucing, tingkat kekerasannya, ke kristalannya serta yg paling diunggulkan merupakan batu ini dapat bermetamorfosis.


Populernya batu giok aceh ini bisa pula disebabkan oleh banyak banyak kolektor Gamstone Mania yg pingin mencari varian terakhir utk menemukannya batu yg tdk seperti kebanyakan, serta kala ketemu batu giok aceh dengan mereka menerimanya. Lebih-lebih pada bln. maret selanjutnya Seseorang konsumen dari Taiwan udah beli batu giok aceh seharga 2, 5 Miliyar dengan berat batu 2, 5kg.

Di Indonesia giok aceh udah beroleh juara pada pameran indonesia gamstone di dua th. paling akhir, giok aceh saat ini lagi tengah diperjuangkan utk masuk kedalam Gemologis International of America sebagai suatu instansi yg mengaku batu Dunia.

Akan tetapi sayangnya walaupun batu giok aceh udah mulai diperhitungan di kancah batu alam dunia, akan tetapi penambang batu alam tradisional lokal masihlah konsisten saja terpinggirkan. Bagaimanakah tdk banyak pebisnis batu alam dalam dua atau 5 th. yg selanjutnya udah banyak mengeksplorasi batu giok aceh yg dibawa keluar negeri, maka mutu yg bagus-bagus saat ini tambah banyak diluar negeri, sesaat yg tinggal di Indonesia cuma mutu umum saja.

Menurut Agustono Dwi Rahmadi seseorang Gemologist batu giok Aceh ini udah nyaris menggapai langkah yg urgent serta dapat habis, maka butuh kehati-hati an dalam mengelolanya.

Giok Aceh (Nephrite Jade)


Oleh karna itu utk menjauhi terjadinya penyelundupan bongkahan batu giok aceh ke luar negri, pemerintah kabupaten menerbitkan ketetapan yg melarang penjualan batu giok berbentuk bongkahan. Sampai penataan sistem penambangan yg tdk dibenarkan laksanakan penambangan batu giok dengan alat berat serta tdk bisa menambang dikawasan rimba lindung. Andaikan laksanakan penambangan dengan cara tradisional masihlah di ijinkan.

Tetapi sosialisasi Perda penambangan batu giok itu masihlah membingungkan dikarenakan warga di perbolehkan menambang batu giok aceh dengan cara tradisional cuma saja akan tetapi dikala pengiriman barang udah lain ceritanya, karana aparat meminta surat izin penambangan biar bisa berkirim bongkahan batu keluar, maka situasi dilapangan jadi rancu dikarenakan disatu segi dibolehkan menambang sesaat di segi lain dipersulit.

Menurut Teuku Fadli persoalan itu kemungkinan dipecahkan andaikan banyak stakholder serta pemerintah kabupaten dapat saling berdialog utk menemukannya pemecahan paling baik, dikarenakan fenomena di Aceh sekarang batu giok aceh ini termasuk juga dalam category ilegal.

Mumpung belum terlambat seperti batu bacan yg sekarang udah nyaris terkuras habis bahan batu yg berkualitasnya dikarenakan ekpoitasi yg tdk termonitor. Maka PerdaKab belumlah cukup, akan tetapi membutuhkan penambahan dari Perda Propinsi.

Silakan Kunjungi Video kami terakhir lewat Channel Youtube : Batu Giok Aceh



Dikirim pada 19 November 2014 di Uncategories
comments powered by Disqus


connect with ABATASA